Berdasarkan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016
Tentang Standar Penilaian Pendidikan
mengamanatkan bahwa Penilaian oleh Pendidik melalui tahap perencanaan,
penilaian, dan laporan hasil penilaian. Pada Bab
IV Pasal 9 ayat 1.f menyatakan bahwa
“hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan
keterampilan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka
dan/atau deskripsi”. Oleh karena itu agar penilaian yang dilakukan oleh
pendidik maupun satuan pendidikan dapat
terintegrasi dengan Dapodik serta mengacu pada Permendikbud
No. 23 Tahun 2016, maka Subdit Kurikulum SMA perlu
segera mengupayakan suatu aplikasi penilaian
berbasis Kurikulum 2013 agar dapat membantu
pendidik dalam melaksanakan penilaian otentik
dalam pembelajaran serta data penilaian
yang diperoleh dapat diintegrasikan dengan
Dapodik. Aplikasi yang disusun oleh Subdit
Kurikulum Direktorat Pembinaan SMA tersebut diberi nama e-rapor SMA
Oleh karena itu Sebanyak
32 Orang guru SMA Negeri 1 Playen mengikuti workshop pengisian Rapor secara online, di Lab. Komputer SMA N 1
Playen, pada Senin 30 Oktober 2017.Acara Workshop dibuka secara langsung oleh Kepala
Sekolah SMA N 1 Playen, Ibu Siti Zumrotul Arifah,S.Pd ,M.Pd , dalam sambutan
beliau mengulas tentang aturan-aturan / regulasi yang berlaku dalam dunia
pendidikan saat ini, baik tentang aturan penilaian dalam satuan pendidikan
maupun laporan – laporan satuan pendidikan yang harus dilaksanakan.
Antusias dari
para peserta workshop baik Bapak / Ibu guru dan staff admin sangat baik, tanya
jawab seputar kebijakan – kebijakan baru pemerintah bisa dipahami bersama
sehingga persamaan persepsi dapat terwujud sehingga akan mempermudah
dalam pengimplementasian erapor versi direktorat ini.
Dalam kegiatan
workshop tersebut menghadirkan Instruktur dari SMA N 1 Playen Bpk. Topari,S.T Selaku Guru TIK (Teknologi Informasi
dan Komunikasi). Peserta dibimbing langsung menggunakan perangkat Komputer agar
memudahkan pelaksanaan pelaporan nilai siswa/i dari guru bidang studi juga dari
wali kelas.
0 Comments